SMANTIK MENGHIJAU DENGAN HIDROPONIK

Kepala SMA N 1 Patikraja Ibu Nastiti Rahayu, M.Pd beserta Peserta Didik menyemai benih slada hidroponik

Selaras dengan Program Implementasi Kurikulum Merdeka, sesuai arah Kebijakan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Republik Indonesia, SMA N I Patikraja, Kabupaten Banyumas  menyelenggarakan program budidaya hidroponik sebagai Proyek Penguatan Profil  Pelajar Pancasila (P5). Kegiatan tersebut disambut baik dan mendapat dukungan penuh oleh kepala SMA N 1 Patikraja Ibu Nastiti Rahayu, M.Pd seusai panen perdana budidaya hidroponik tanaman sawi  di sekolah.

Hidroponik merupakan sebuah metode pertanian modern yang dapat dikembangkan oleh semua orang sebagai media pengganti lahan tanah secara efisien, sehingga memudahkan dalam mengelola pertanian secara maksimal. Program budidaya hidroponik dilaksanakan oleh tim dan para siswa. Mereka sangat antusias dan bersemangat selama mengikuti  pelatihan budidaya hidroponik.

Sebagai penanggung jawab hidroponik, Bapak Tugiman, S. Pd menyampaikan bahwa bertani dengan cara hidroponik sangat menyenangkan karena penggunaan pupuk dan air lebih efisien, kualitas produksi lebih tinggi dan bersih, pertumbuhannya lebih seragam, juga pengendalian hama dan penyakit lebih mudah.

Dengan melakukan budidaya hidroponik, kita bisa berkreasi, dapat mengembangkan potensi diri menjadi lebih berkembang,  dan belajar menjadi petani  modern yang sukses.

 

Penyusun: wawan hendrawan
Editor : eni widi
Pengunggah dwi okta

Leave a Comment