Profil Pelajar Pancasila merupakan gambaran pelajar Indonesia yang merupakan pelajar sepanjang hayat yang kompeten, berkarakter, dan berperilaku sesuai dengan nilai- nilai Pancasila. Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan pembelajaran lintas disiplin ilmu dalam mengamati dan memikirkan solusi terhadap permasalahan di lingkungan sekitar untuk menguatkan berbagai kompetensi profil pelajar Pancasila.

Berdasarkan Permendikbudristek No.56/M/2022, Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan kegiatan kokurikuler berbasis Proyek yang dirancang untuk menguatkan upaya pencapaian kompetensi dan karakter sesuai dengan profil pelajar Pancasila, disusun berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan. Sebelumnya, Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) hanya dilaksanakan pada sekolah penggerak saja. Namun, pada tahun pelajaran 2022/2023 P5 berlaku pada semua sekolah yang menggunakan kurikulum merdeka.

SMA Negeri 1 Patikraja menjadi salah satu sekolah yang menerapkan kurikulum merdeka dan melaksanakan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Pelaksanaan P5 di SMA Negeri 1 Patikraja dijadwalkan menggunakan sistem blok, yaitu tiga minggu penuh sesuai dengan alokasi waktu yang telah dijadwalkan.

Pembukaan Proyek dilaksanakan pada hari Senin, 30 Januari 2023 bertempat di Gedung Krida Wiyata SMA Negeri 1 Patikraja. Pembukaan Proyek ini smembuka rangkaian kegiatan Proyek Tema ke-2 Bangunlah Jiwa Raganya yang dilaksanakan pada 30 Januari -7 Februari 2023. Inti dari kegiatan Proyek tema 1 ini ialah membentuk peserta didik SMA Negeri 1 Patikraja menjadi peserta didik yang sehat, kreatif, serta inovatif jiwa dan raganya.

Acara pembukaan P5 yang dihadiri oleh para wakil kepala sekolah, koordinator humas, wali kelas, dan pendamping kelas X ini dibuka oleh Wakil Kepala Sekolah Urusan Kesiswaan Heru Sulistiyanto, S.Pd. Beliau menyampaikan bahwa kelas X telah menggunakan kurikulum merdeka, sehingga P5 akan dilaksanakan sebagai bentuk pembentukan kecerdasan intelektual, sosial, dan emosional. Harapan dari dilaksanakannya P5 adalah kecerdasan yang telah terbentuk dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Kegiatan P5 harus dilaksanakan secara saling mendukung dan menguatkan, sehingga tujuan dari diadakannya P5 dapat tercapai. Tidak lupa disampaikan pula bahwa karakter almamter tetap harus ditegakan melalui visi sekolah.

Kontributor
Naskah: Agi Kustri Juniawan, S.Pd.
Gambar: Mohammad Budi Setyaji, S.Pd.

7 Comments

  1. Semoga kegiatan P5 tema Bangunlah Jiwa dan Raganya sukses dan lancar, aamiin ya robbal’aalamiin..

Leave a Comment