Menumbuhkan Budaya Positif di Kelas dan di Lingkungan Sekolah

1.4.a.9.1. Aksi Nyata Modul 1.4- Forum Berbagi
Menumbuhkan Budaya Positif di Kelas dan di Lingkungan Sekolah
SMA Negeri 1 Patikraja
Sugeng Riadi, S.Pd.
CGP ANGKATAN 5 KABUPATEN BANYUMAS

A. Latar Belakang
Pendidikan adalah sebuah proses pencarian dan menumbuh kembangkan potensi yang
dimiliki oleh murid agar dapat di terapkan dalam kehidupan individu dan bermasyarakat,
dalam hidup dan tumbuh kembang anak. Setiap anak memiliki potensi dan karakter yang
berbeda-beda, untuk itu sebagai guru dituntut untuk mampu menuntun murid dalam menggali
potensi yang dimiliki dan memotivasi pada murid agar dapat berkembang, bertingkah laku
sesuai nilai – nilai kebajikan, dan hidup bermasyarakat.
Setiap murid diberikan kesempatan yang seluas – luasnya untuk dapat mengembangkan minat
dan bakatnya sebagai individu yang unik.
Guru merupakan pamong yang dapat memberikan tuntunan terhadap murid untuk
mendapatkan kemerdekaan dalam belajar. Nilai-nilai keteladanan yang dimiliki seorang guru
diharapkan dapat membentuk karakter murid sesuai dengan profil pelajar Pancasila. Melalui
pembiasaan budaya positif di kelas dan sekolah agar tercipta rasa aman, nyaman,
menyenangkan dan mendorong murid untuk bertindak, menciptakan proses memerdekakan
dirinya untuk lebih mandiri, bertanggung jawab dan berbudi pekerti luhur serta berakhlak
mulia agar mampu meraih keselamatan dan kebahagiaan
B. Rumusan Masalah.
• Menumbuhkan Budaya Positif di kelas
• Membiasakan budaya positif di kelas dan di lingkungan sekolah
• Menumbuhkan rasa percaya diri
• Menumbuhkan rasa tanggung jawab dan komitment murid terhadap sikap dan prilaku
dalam kehidupan sehari – hari.
C. Tolok Ukur
Indikator bahwa tindakan ini berjalan dengan baik :
➢ Peran serta dan Keaktifan murid dalam mengikuti pembelajaran.
➢ Murid memiliki sikap tanggung jawab dan saling menghormati.
➢ Murid bersikap sopan terhadap sesama murid dan guru.
➢ Terciptanya suasasana kelas yang aman dan menyenangkan dalam pembelajaran
➢ Murid peduli akan diri sendiri dan peduli terhadap lingkungan
➢ tercipta budaya positif di kelas dan sekolah
D. Tujuan
Tujuan dari kegiatan ini di harapkan dapat berdampak positif pada murid antara lain sebagai
berikut :
➢ Meningkatnya kreativitas dan peran serta aktif dalam pembelajaran
➢ Menumbuhkan motivasi secara intrinsik dalam kedisiplinan di kelas dan di sekolah.
➢ Meningkatnya sikap dan perilaku yang baik, bertanggung jawab, dan saling menghormati
antar sesama
➢ Murid merasa aman dan nyaman dalam mengikuti pembelajaran di kelas.
➢ Terwujudnya suasana pembelajaran yang aman dan menyenangkan
E. Linimasa Tindakan yang Dilakukan
• Melakukakan diskusi Bersama semua warga sekolah dan Stakeholder yang ada menegenai
budaya positif yang akan diterapkan di kelas dan sekolah
• Membangun kesepakatan bersama
• Membuat kalimat – kalimat mutiara yang di tempel di kelas serta lingkungan sekolah
• Melaksanakan budaya positif di kelas sesuai kesepakatan
• Merefleksi pelaksanaan kegiatan secara berkala
• Merencanakan kembali terhadap hasil refleksi untuk mencapai peningkatan
F. Dukungan yang dibutuhkan
Dukungan yang di butuhkan agar terwujudnya tujuan diatas antara lain :
➢ Dukungan dari kepala sekolah terkait kebijakan dan keputusan yang akan mendukung aksi
nyata
➢ Rekan sejawat untuk berkolaborasi dalam membangun budaya positif
➢ Dukungan Murid
➢ Orang tua wali murid sebagai pendukung utama murid.

Untuk artikel selengkapnya dapat dibaca melalui : https://drive.google.com/file/d/1LVu2ac64BxDSJ_gV6wY6n9fcf2zEKGbl/view?usp=sharing

 

1 Comment

Leave a Comment