Kajian Amaliah Ramadhan Hari ke-20; Muhasabah

Jumat, 22 April 2022. Kejian amalaiah Ramadhan yang bertepatan dengan 20 Ramadhan 1443 Hijriah diadakan di Masjid Raudhatul Jannah Pukul 07.30  sampai dengan 07.45 WIB. Kajian dihadiri oleh segenap dewan guru dan karyawan SMA Negeri 1 Patikraja. Pada kesempatan ini kajian diisi oleh narasumber Kusmijan, S.Pd. (guru pengampu mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan) memaparkan tema mengenai Muhasabah.

Berikut sekilas mengenai isi materi yang disampaikan narasumber.

Bermacam-macam torehan kehidupan telah dilakukan umat manusia. Sebagai umat muslim harus bersedia memperbaiki diri, karena semua akan kembali kepada diri sendiri. Muhasabah secara etimologis berart melakukan perhitungan. Muhasabah adalah upaya untuk mengevaluasi diri, melipuuti hubunagn manusia dengan Allah dan manusia dengan sesama manusia. Muhasabah terhadap diri sendiri merupakan jalannya orang mukmin, dan merupakan ciri khas orang yang bertakwa.

Setiap orang muslim dituntun untuk senantiasa melakukan muhasabah berdasarkan firman Allah dalam surah al-Hasyr ayat 18 yang berbunyi;“Wahai orang-orang yang beriman! Bertaqwalah kepada Allah (dengan mengerjakan suruhan-Nya dan meninggalkan larangan-Nya), dan hendaklah tiap-tiap diri melihat dan memerhatikan apa yang ia telah sediakan (dari amal-amalnya) untuk hari esok (hari Akhirat). Dan (sekali lagi diingatkan) bertaqwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah amat meliputi pengetahuannya akan segala yang kamu kerjakan.” (al-Hasyr: 18).

Hasil muhasabah

1. Meringankan hisab di hari kiamat.

2. Mengenal petunjuk dan kukuh di dalamnya

3. Obat penyakit hati.

4. Menyingkap keburukan diri sehinga dapat bertaubat dan memperbaikinya.

5. Memanfaatkan waktu.

 

 

Kajian Amaliah Ramadhan Hari ke-20; Muhasabah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.