Kajian Amaliah Hari Ke-3 Ramadhan Diisi dengan Tema Ingat Kematian

Selasa, 5 April 2022 bertepatan dengan 3 Ramadhan 1443 Hijriyah, kajian amaliah Ramadhan di SMA Negeri 1 Patikraja kali ini diisi oleh Suprianto, S.Pd., dengan mengusung tema Kematian. Kegiatan amaliah dimulai seusai sholat dzuhur di Masjid Raudhatul Jannah dihadiri Kepala Sekolah Nastiti Rahayu, M.Pd., beserta dewan guru dan karyawan. Berikut merupakan risalah dari isi kajian yang disampaikan oleh narasumber.

Kematian bagi sebagian orang bisa saja sangat menakutkan. Siap atau tidak, suka atau tidak, yang namanya kematian pasti akan datang menjemput setiap makhluk yang bernyawa. Sebagaimana di dalam potongan ayat 185 surat Ali Imran, Allah berfirman yang artinya

“Tiap-tiap jiwa (yang bernyawa) pasti akan merasakan mati…”

Dalam menyikapi kematian, Rasulullah Muhammad SAW menjelaskan dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari dari Muslim, bahwa yang mengikuti mayat itu ada tiga, yang dua kembali dan yang satu tetap bersamanya.

Ketika meninggal ada beberapa yang kembali;

1. Keluarga, saudara, dan sahabat.

2. Harta, kekayaan, dan kedudukan

Adapun yang menemani atau tetap bersama saat manusia meninggalkan dunia adalah amal perbuatan yang dilakukan selama hidup di dunia.

Kematian datang tak diduga. Tak harus menunggu seseorang sakit, tua, atau habis harta yang dimilikinya. Maka gunakan dan syukurilah nikmat Allah SWT  dengan sebenar-benarnya. Perbanyak beribadah, jangan pernah merasa ibadah yang dilakukan sudah cukup.

 

 

Kajian Amaliah Hari Ke-3 Ramadhan Diisi dengan Tema Ingat Kematian

Satu gagasan untuk “Kajian Amaliah Hari Ke-3 Ramadhan Diisi dengan Tema Ingat Kematian

  • 22 April 2022 pukul 10:30
    Permalink

    Menambah pengetahuan lewat Amaliah romadhon smantik, sangat bermanfaat

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.