In House Training (IHT) adalah kegiatan yang diselenggarakan oleh sebuah sekolah dalam rangka meningkatkan kompetensi guru dan karyawannya. IHT ini tentu saja sangat penting sebagai salah satu dari CPD (Continuous Proffesional Development) yang harus senantiasa dilakukan oleh guru untuk menjaga kualitas mereka. SMA Negeri 1 Patikraja, melaksanakan IHT selama 2 hari, yaitu tanggal 28 – 29 Januari 2022.

Tujuan dari kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari ini adalah sebagai berikut.

  1. Meningkatkan pemahaman pendidik SMA Negeri 1 Patikraja tentang latar belakang, filosofi, konsep, tujuan, standar isi, standar kompetensi lulusan, kompetensi inti dankompetensi dasar, standar proses, struktur kurikulum, silabus, rencana pelaksanaanpembelajaran (RPP), metode dan media, bahan ajar, bahan tayang, dan perangkat pembelajaran lainnya seperti sistem penilaian, serta aplikasinya dalam implementasi Kurikulum SMA Tahun 2022
  2. Pendidik SMA Negeri 1 Patikraja mampu menyusun rencana pelaksanaa npembelajaran (RPP), metode dan media, bahan ajar, bahan tayang, dan perangkat pembelajaran lainnya seperti sistem penilaian, serta aplikasinya dalam implementasi Kurikulum SMA Tahun 2013.

Kegiatan IHT ini dibuka oleh Ibu Nastiti Rahayu, M.Pd. sebagai Kepala SMA Negeri 1 Patikraja. Di dalam sambutannya, beliau menyampaikan tujuan IHT antara lain sebagai berikut:  

  1. Meningkatkan kompetensi dan optimalisasi peran guru, khususnya guru mata pelajaran pada sekolah  agar dapat menyajikan materi pelajaran kurikukulum 2013 dengan  dengan baik dan benar.
  2. Menumbuhkan komitmen profesional guru SMA Negeri 1 Patikraja dalam meningkatkan penguasaan kurikulum 2013 dan penyusunan perangkat pembelajaran.
  3. Meningkatkan pengetahuan, kemampuan dan ketrampilan dalam pengelolaan pembelajaran dan menyajikan materi pelajaran sesuai dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran sekolah.
  4. Mengaplikasikan hasil kegiatan kepada peserta didik dengan harapan dapat bermuara pada peningkatan mutu pendidikan.

Pada tahun ini pembicara kegiatan IHT dihadirkan narasumber sbagai berikut.

  1. Drs. Agus Triyanto, M.Si., mengisi materi tentang rasional kurikulum.
  2. Drs. Herry Pratomo, M. Pd., memaparkan materi tentang elemen perubahan kurikulum 2013 dan strategi implementasi kurikulum 2013.
  3. Siti Isbandiah , S.Pd., M.M., meberikan materi tentang standard kompetensi lulusan, kompetensi ini, kompetensi dasar, perancangan RPP, analisis dan penilaian model pembelajaran, serta perancangan penilaian.

Pada Kegiatan IHT ini dampak yang hendak dipetik antara lain sebagai berikut.

  1. Meningkatnya keefektifan dan efisiensi pelaksanaan pembelajaran berdasarkan Kurikulum SMA tahun 2013 secara nasional;
  2. Meningkatnya profesionalitas Guru-guru SMA Negeri 1 Patikraja, dibuktikan melalui perubahan perilaku, kreativitas, dan inovasi dalam peningkatan karier.`.
  3. Meningkatnya profesionalisme kepala/guru SMA Negeri 1 Patikraja, dalam pembelajaran;
  4. Meningkatnya kinerja guru SMA Negeri 1 Patikraja,;
  5. Meningkatnya mutu dan kebermaknaan pembelajaran SMA Negeri 1 Patikraja,;
  6. Meningkatnya mutu dan kebermaknaan pendidikan di SMA Negeri 1 Patikraja,;
  7. Meningkatnya mutu dan kebermaknaan pelayanan peserta didik di SMA Negeri 1 Patikraja,;

 

In House Training (IHT) Peningkatan Kompetensi Tenaga Pendidik melalui Workshop Pengembangan Perangkat Pembelajaran, Kurikulum 2013 Revisi 2018 SMA Negeri 1 Patikraja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.