Vaksinasi dosis 3 atau vaksinasi booster di Kabupaten Banyumas mulai diberikan kepada pelayan publik meliputi tenaga kesehatan, guru dan berbagai macam petugas maupun pelayan publik lainnya. Pada Kamis (27/01/2022), dengan bekerjasama dengan Badan Intelegen Negara dan Puskesmas Kecamatan Patikraja di bantu POLSEK dan BABINSA setemapat, SMA Negeri Patikraja Menyelenggarakan kegiatan Vaksinasi Massal Booster Indonesia Sehat Indonesia Hebat, bertempat di Aula Kridawiyata SMA Negeri 1 Patikraja. Adapun sasaran dari Vaksinasi Massal Booster Indonesia Sehat Indonesia Hebat adalah seluruh Pelayan Publik Khusunya tenaga pendidik di wilayah kecamatan Patikraja. Berlangsung mulai Pukul 08.00 hingga pukul 14.30 WIB, kegiatan tersebut berhasil menyalurkan 400 dosis vaksin dan berjalan dengan lancar.

Beberapa pertanyaan mengenai vaksin booster COVID-19, untuk lebih jelasnya mari kita simak ulasan berikut.

1. Apa itu Booster Vaksin Dosis Ketiga COVID-19?

Berdasarkan pada laman resmi Kemenkes, vaksinasi booster adalah vaksinasi COVID-19 setelah seseorang mendapat vaksinasi primer dosis lengkap yang ditujukan untuk mempertahankan tingkat kekebalan serta memperpanjang masa perlindungan diri terhadap serangan COVID-19.

2. Mengapa Diperlukan Booster Vaksin Dosis Ketiga COVID-19?

Merujuk pada laman website Alodokter, pemberian dosis ketiga vaksin COVID-19 dinilai dapat menjaga dan mempertahankan reaksi imunitas tubuh dalam melawan virus Corona, terutama setelah seseorang mendapatkan vaksin COVID-19 dosis penuh. Beberapa riset menunjukkan bahwa pemberian vaksin booster COVID-19 dapat membangun kembali antibodi tubuh yang jumlahnya telah menurun dan melemah seiring berjalannya waktu. Jadi, tubuh bisa terlindungi dari COVID-19 lebih lama setelah mendapatkan vaksin ketiga.

3. Kapan Sebaiknya Booster Vaksin Dosis Ketiga COVID-19?

Di Indonesia, jenis vaksin booster untuk COVID-19 yang boleh diberikan dan telah mendapatkan izin penggunaan oleh BPOM adalah vaksin Sinovac (CoronaVac), AstraZeneca, Pfizer, Zifivax dan Moderna. Berikut adalah rekomendasi waktu pemberian vaksin booster COVID-19:

Vaksin Sinovac (CoronaVac): minimal 6 bulan setelah vaksin kedua

Vaksin AstraZeneca: minimal 6 bulan setelah vaksin kedua

Vaksin Pfizer: minimal 6 bulan setelah vaksin kedua

Vaksin Moderna: minimal 6 bulan setelah vaksin kedua

Vaksin Zifivax: minimal 6 bulan setelah vaksin kedua

4. Berapa Lama Booster Vaksin Dosis Ketiga COVID-19 Dapat Melindungi Tubuh?

Daya perlindungan tubuh setelah menerima 3 kali vaksin COVID-19 dapat berbeda-beda setiap orang. Beberapa faktor yang mempengaruhi adalah jenis vaksin yang diperoleh, kondisi tubuh, dan varian virus corona yang bermutasi. Banyak penelitian menunjukkan bahwa efek perlindungan pada tubuh seseorang setelah menerima vaksin booster jenis Pfizer dan Moderna bisa bertahan hingga 6-7 bulan.

5. Apakah Diperlukan Pemberian Vaksin COVID-19 Ulang secara Berkala?

Kembali merujuk pada laman berbagi Alodokter, sampai saat ini belum ada rekomendasi mengenai pengulangan vaksin COVID-19 setelah pemberian vaksin booster. Sama seperti pemberian dosis sebelumnya, vaksinasi booster COVID-19 juga bisa memberikan efek samping yang umumnya bersifat ringan dan sementara, seperti nyeri di lokasi suntikan, demam, nyeri otot, sakit kepala, dan kelelahan. Namun, penting untuk diketahui bahwa gejala yang muncul setelah vaksinasi merupakan tanda bahwa sistem kekebalan tubuh Anda sedang membentuk reaksi kekebalan terhadap virus Corona.

Booster vaksin dosis ketiga COVID-19 memang dapat memperpanjang perlindungan terhadap virus Corona. Namun, tidak cukup bila hanya mengandalkan vaksin sepenuhnya. Kita tetap harus patuh menjalankan protokol kesehatan dengan ketat guna meminimalkan risiko penularan COVID-19.

Vaksinasi Boster (Dosisi ke-3) di SMA Negeri 1 Patikraja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.